Berita Olahraga

Tim Basket Putri Indonesia Juara SWBL Usai Kalahkan Thailand di Final

Timnas basket putri Indonesia tampil luar biasa di Final SEA Women Basketball League (SWBL) Introduction Series 2022. Tampil dengan kekuatan terbaiknya Elite Henny Sutjiono dan kolega berhasil meraih juara dalam kompetisi yang diikuti antar tim negara ASEAN pada Senin 31 Oktober 2022.

Kapten Indonesia Elite Henny Sutjiono setelah pertandingan berkata bahwa ia sangat senang bisa meraih juara pada akhir tahun. Menurut dirinya, keberhasilan ini adalah sejarah bagi Timnas Basket Putri Indonesia karena ajang ini adalah kali pertama di gelar.

“Kami atasi semua tekanan di lapangan dengan menjalani apa yang di arahkan pelatih. Kami bangga, senang, dan lega setelah juara. Sepanjang pertandingan kami berusaha kasih yang terbaik dari defense dan berusaha enjoy mainnya,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Kesuksesan ini juga makin lengkap karena Adelaide Callista Wongsohardjo yang di nobatkan sebagai MVP dalam partai puncak. Wanita yang akrab disapa Laide ini menjadi pencetak poin terbanyak untuk Indonesia Elite dengan catatan 12 points, 7 rebounds, 3 assists.

“Semoga dengan kemenangan ini, anak-anak bisa lebih percaya diri, menambah jam terbang mereka apalagi semua tim hampir memiliki kekuatan yang sama,” kata Asisten Pelatih Indonesia Elite July Wong.

Tim Basket Putri Indonesia Juara SWBL

Laga pamungkas ini berlangsung sengit. Indonesia tak mudah tampil sebagai juara. Mereka harus bekerja keras membendung serangan Sniper. Mereka membuka kuarter pertama dengan kemenangan 25 – 12. Lalu, Indonesia juga harus kehilangan Gabriel Sophie karena cedera kaki.

Sniper pun terus menekan pada kuarter berikutnya. Mereka memproduksi 1 poin lebih banyak dari Indonesia Elite di kuarter kedua dengan poin 11 – 12. Pada kuarter ketiga sama kuat 13 poin.

Sniper terus berusaha menekan di kuarter akhir. Cederanya Dewa Ayu Sriartha mampu di manfaatkan dengan baik. Mereka mampu produksi 19 angka sementara Indonesia menambah 16 poin. Lebih banyak mencetak poin di kuarter awal menjadi kunci sukses Indonesia sehingga mampu menjaga margin kemenangan hingga akhir laga 65-56.

“Pengaruhnya sangat besar tanpa Gaby ataupun Ayu, karena Gaby dengan size tinggi, kita bisa mengandalkan untuk post play dan rebound sedangkan ayu pemain hustle, never give up untuk rebound off ataupun defense dan sangat cepat. Beruntung semua pemain ready. Kita bisa rotasi semuanya. Jadi siapapun yang main, kita selalu push anak-anak untuk fight sampai selesai karena ini game terakhir,” ucapnya.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengapresiasi keberhasilan Indonesia meraih juara di SWBL Introduction Series 2022. Apalagi kesuksesan ini di raih dengan susah payah. Indonesia harus menyelesaikan tiga pertandingan untuk pastikan juara setelah dua game sebelumnya saling mengalahkan.

“Selamat Indonesia. Keberhasilan ini membuat kita yakin masa depan Tim Putri akan semakin cemerlang. Kita berharap ini menjadi motivasi bagi pemain muda kita untuk selalu memberikan yang terbaik dan pantang menyerah dalam setiap pertandingan,” katanya.