Uncategorized

Pengertian dan Sejarah Olahraga Tinju

singkat tinju di dunia dan Indonesia akan dibahas di sini. Indonesia pernah memiliki beberapa petinju ternama, sebut saja Chris John, Ellyas Pical, dan Daud Yordan.

Tinju merupakan olahraga dan agen sbobet terpercaya seni beladiri yang menampilkan 2 orang peserta dengan berat yang tidak jauh berbeda sesuai dengan kelasnya. 2 orang peserta tersebut bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju atau pukulan mereka pada rangkaian pertandingan yang berinterval 1×3 menit atau yang disebut ronde.

Kedua petarung (petinju) tersebut menghindari pukulan lawan sambil mereka berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Pemenang dalam tinju dinilai berdasarkan ketetapan tinju yang sudah diarahkan ke lawannya, dan jika lawan sudah KO atau TKO oleh wasit.

Sejarah Tinju di dunia

Menurut sejarah, tinju pertama kali dikenalkan dari bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir. Pada awalnya, pada petinju melakukan pertandingan tanpa menggunakan sarung tinju, namun menggunakan sarung besi sehingga ketika itu banyak sekali petinju yang meninggal dunia di area pertandingan karena terkena pukulan sarung tangan besi.

Saat itu petinju yang terkenal adalah Theagenes yang berasal dari Thasos, Yunani. Theagenes sudah menjadi juara olimpiade tinju yang dilaksanakan pada tahun 450 M. Ia juga melakukan pertandingan tinju sebanyak 1.406 kali dalam hidupnya dan ketika itu masih menggunakan sarung tangan besi.

Kemudian, pada tanggal 10 Agustus 1973 dikeluarkan peraturan tentang tinju versi terbaru serta pemakaian sarung tinju dengan memakai bahan spons. Petinju pertama yang menggunakan sarung tinju berbahan Spons bernama James Ping, dan saat itu ia merupakan seorang juara dari Britania.

Sejarah Tinju di Indonesia

Pertama kali tinju masuk dan dipopulerkan di Indonesia yaitu oleh Hindia Belanda atau KNIL (Koninklijk Nederlands Inside Large). Ketika itu, kalahnya Belanda oleh Jepang membuat pertinjuan Indonesia kehilangan tanduk.

Sehingga setiap pertandingan tinju diselenggarakan tanpa adanya organisasi yang bertanggung jawab. Maka kepolisian ingin mendirikan organisasi tinju.

Anda mungkin juga suka...