Uncategorized

Olahraga dan Permainan Olahraga, Bagian yang Tak Terpisahkan dari Kehidupan Manusia

Dalam rangka 75 tahun Pendidikan Farmasi (Lustrum XV), tiap-tiap dua pekan sekali, Sekolah Farmasi ITB mengadakan sharing session bersama Advisory Board atau Dewan Penasihat. Sharing session yang ke-10 kali ini menghadirkan Wakil Ketua Bidang IPTEK dan Kesehatan KONI DKI Jakarta juga Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Dr. dr. Junaidi, Sp.KO. Dia membawakan materi perihal pentingnya olahraga dan permainan olahraga sebagai komponen tak terpisahkan dari kehidupan manusia pada Sabtu (3/9/2022).

dr. Junaidi mengawali pemaparan materi dengan menerangkan perihal peran olahraga bagi kehidupan manusia secara lazim. “Olahraga menyediakan lingkungan yang penting untuk kesenangan pribadi dan kontak sosial,” terangnya.

Bukan hanya itu, keterlibatan secara teratur dalam olahraga juga bermanfaat untuk kebugaran, pendidikan, perkembangan mental, dan juga imbas kepada aspek sosial-ekonomi. “Terutama kepada kesehatan manusia, olahraga dapat spaceman pragmatic memberi banyak sekali manfaat. Mulai dari menurunkan angka obesitas, menurunkan risiko penyakit tak menular kronis seperti penyakit jantung, mengurangi perasaan kuatir dan stres, hingga mengatur aliran darah dalam tubuh,” jelas dr. Junaidi.

Metode praktikal, dr. Junaidi menerangkan metode latihan kebugaran yang ideal. Kecuali ini disebut FITT, yang ialah kepanjangan dari frekuensi, intensitas, tempo, dan jenis. Frekuensi latihan kebugaran yang ideal berkisar 3-5 kali per pekan. Untuk intensitas, angka ideal ada di bentang 60% hingga 85% dari denyut nadi optimal. Tempo yang ideal untuk kebugaran ialah 20 hingga 90 menit, sesuai dengan kemampuan individu. “Terakhir, jenis olahraga yang bagus untuk latihan kebugaran di antaranya ialah aerobik, anaerobik, weight training, fat loss, flexibility,” jelas dr. Junaidi.

Beralih ke permainan olahraga atau games, dr. Junaidi menerangkan bahwa permainan olahraga awalnya dikerjakan berdasarkan aspek ideologi dalam tradisi masyarakat sesudah era industrialisasi.

“Permainan olahraga menitikberatkan daya, ketangguhan, dan kecepatan untuk memenangkan suatu pertandingan,” jelas dr. Junaidi. Lewat itu, permainan olahraga juga dapat memberi banyak manfaat kepada mental manusia. Permainan olahraga mengatur peranan penting dalam kehidupan para pelajar, secara khusus untuk meningkatkan ingatan dan fungsi otak.

“Olahraga beserta permainannya tak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan. Olahraga juga menjadi faktor penting dalam pembentukan karakter manusia. Figur olahraga, manusia dapat menjaga keseimbangan dalam kemauan dan keputusasaan. konkretnya, via olahraga manusia dapat mengoptimalkan sportivitas, kerja regu, kepercayaan diri, manajemen waktu, dan tanggung jawab,” ujar dr. Junaidi.

Anda mungkin juga suka...