Uncategorized

Manfaat Olahraga Trampolin yang Mengasyikan dan Menyehatkan

Bosan dengan tipe olahraga yang itu-itu saja? Kini saatnya Anda coba olahraga trampolin. Olahraga yang dilakukan dengan sistem melompat-lompat di atas trampolin ini menawarkan kesibukan seru dan pengalaman yang berbeda dari olahraga pada biasanya. Tak cuma itu, ternyata kesibukan yang satu ini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Apa saja? Kenal selengkapnya dalam tulisan ini.

Manfaat olahraga trampolin

  1. Lebih sehat dibanding lari
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) menampakkan bahwa berlari memberikan bobot yang lebih berat pada pergelangan kaki dan tungkai bawah. Padahal pada orang yang melompat, gaya mahjong ways 2 pada trampolin akan disalurkan secara merata ke kaki, punggung, dan kepala si pelompat. Dengan begitu, lebih banyak otot tubuh yang bekerja dan dilatih dikala olahraga trampolin.

Penelitian hal yang demikian juga menyimpulkan bahwa seseorang yang melompat menghabiskan energi yang sama besar seperti orang yang berlari, tetapi dengan bobot yang lebih ringan pada tubuh mereka.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh
    Salah satu manfaat olahraga trampolin yang paling banyak dipelajari yakni membantu membetulkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, lebih-lebih pada populasi lansia. Padahal begitu, olahraga trampolin ini tak cuma baik untuk meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua saja.

Pasalnya, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research dikenal seandainya menjalankan olahraga trampolin selama enam pekan sedikit efektif untuk meningkatkan keseimbangan tubuh para atlet pasca mengalami keseleo pergelangan kaki.

Memang sih, penelitian ini dilakukan dalam segala yang kecil, sehingga sulit untuk memperkirakan efektivitasnya dalam sekala yang lebih luas. Tapi setidaknya, hasil penelitian hal yang demikian menampakkan bahwa trampolin dapat menjadi salah satu alat latihan opsi bagi atlet yang mencoba pulih setelah cedera.

  1. Baik untuk kesehatan jantung
    Olahraga trampolin dapat memberikan manfaat yang sama seperti olahraga aerobik, di mana keduanya baik untuk kesehatan jantung dan paru.

Pasalnya trampolin dapat meningkatkan serapan oksigen sebab lebih banyak oksigen yang dapat mencapai sel pengaruh perubahan gravitasi yang terjadi dikala tubuh Anda memantul. Pun dalam sebagian penelitian, trampolin dinilai mempunyai kesanggupan untuk mengabsorpsi lebih banyak oksigen dibandingkan dengan lari di treadmill.

  1. Mengontrol gula darah
    Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Australian Journal of Rural Health, menjalankan olahraga trampolin secara rutin tiga kali perminggu selama 20 hingga 30 menit dalam kurun waktu sembilan pekan menghasilkan perubahan positif terhadap hasil tes gula darah serta indeks massa tubuh pada orang dengan diabetes tipe 2.

Menurut lebih menarik lagi, efek positif dari olahraga ini ini tak cuma berlaku untuk orang dengan diabetes atau pradiabetes. Tapi penelitian yang dilakukan pada orang dengan kadar glukosa (gula) normal menemukan bahwa olahraga trampolin dengan intensitas tinggi selama 50 menit sanggup menurunkan kadar glukosa secara efektif selama dan setelah berolahraga. Penelitian hal yang demikian dilakukan pada tahun 2016 dan diterbitkan dalam The Journal of Sports Medicine and Physical Fitness.

  1. Mengurangi sakit punggung
    Salah satu manfaat paling mengejutkan dari olahraga trampolin yakni mengurangi sakit punggung. ini berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Tourism Polandia. Orang paruh baya yang menjalankan olahraga trampolin selama 21 hari dikenal mengalami peningkatan kapasitas fungsional yang secara signifikan mengurangi sakit punggung.

Tapi, sebelum memulai olahraga ini Anda direkomendasikan untuk menjalankan konsultasi ke dokter lebih-lebih dulu. Pasalnya, melompat terlalu banyak atau terlalu tinggi bagi sebagian orang yang sudah mempunyai sakit punggung dapat memperburuk kondisi mereka.

Anda mungkin juga suka...