Uncategorized

Belajar Voli Dan Menguasai Teknik Yang Ada Di Dalamnya

Setiap jenis olahraga mempunyai beberapa peraturan dan tehnik dasar masing-masing, tak terkecuali olahraga permainan bola voli. Seperti halnya sepak bola dan basket, tehnik dasar bola voli juga dapat dibilang terlampau beragam.

Bola voli adalah tidak benar satu olahraga yang paling terkenal di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak poin bersama dengan cara memukul bola ke lapangan lawan di atas net.

Untuk dapat memainkan bola voli bersama dengan baik, harus untuk mengetahui teknik-teknik dasar permainan bola voli. Dengan mengetahui sbobet bola dan mempraktekkan tehnik tersebut, harapannya kalian dapat lebih baik di dalam bermain voli, dan pasti saja memenangkan pertandingan.

Untuk memenangkan pertandingan bola voli, pemain harus menguasai bermacam tehnik dasar. Berikut ini adalah 4 tehnik dasar bola voli yang harus dikuasai:

Servis
Passing
Smash
Block
Berikut penjelasan singkat berkenaan 4 tehnik dasar permainan bola voli di atas selengkapnya.

1. Servis

Servis adalah tehnik dasar bola voli yang digunakan untuk memulai pertandingan. Servis dapat dikerjakan bersama dengan dua cara, yakni servis atas dan servis bawah.

Servis atas dikerjakan bersama dengan cara melambungkan bola ke atas dan memukulnya bersama dengan tangan yang mengayun dari bawah ke atas.

Servis bawah dikerjakan bersama dengan cara melemparkan bola ke atas dan memukulnya bersama dengan tangan yang mengayun dari depan ke belakang.

2. Passing

Passing adalah tehnik dasar bola voli yang digunakan untuk mengoper bola kepada rekan satu tim. Passing dapat dikerjakan bersama dengan dua cara, yakni passing atas dan passing bawah.

Passing atas dikerjakan bersama dengan cara melambungkan bola ke atas dan memukulnya bersama dengan kedua telapak tangan yang terbuka.

Passing bawah dikerjakan bersama dengan cara memukul bola bersama dengan kedua telapak tangan yang terbuka yang saling berdekatan.

3. Smash/Spike

Teknik penyerangan di dalam permainan bola voli disebut smash. Smash atau spike adalah tehnik serangan atau pukulan bola di udara sambil meloncat.

Pukulan dikerjakan bersama dengan keras dan menukik yang diarahkan ke area lawan. Bola bergerak melewati atas jaring dan sebabkan pihak lawan sulit mengembalikannya.

Smes yang efektif ialah smes bersama dengan cara memukul bola dari atas jaring. Menyerang atau smes di dalam permainan bola voli merupakan pukulan ketiga dari sebuah tim.

Dalam tehnik smes/spike ini, seorang spiker (penyerang) harus memperhatikan empat cara dasar di dalam jalankan spike, yakni cara awalan (approach), lompatan, memukul bola, dan posisi mendarat. Pemukulan bola pada selagi jalankan spike dikerjakan di udara.

4. Blocking

Teknik dasar bola voli satu ini juga harus anda kuasai. Tujuannya untuk menghambat supaya bola tidak masuk ke area tim anda dan tim lawan memperoleh poin. Hal paling utama yang harus anda memperhatikan di dalam jalankan pertahanan pada permainan bola voli adalah posisi tubuh, ketepatan waktu, dan ketahanan tubuh. Mudahnya, anda dapat pakai tubuh untuk menunjang menghambat serangan dari tim lawan.

Selain keempat tehnik dasar di atas, tersedia juga teknik-teknik dasar bola voli lainnya, layaknya tehnik setting, tehnik mengumpan, dan tehnik volley. Teknik-teknik dasar berikut juga perlu untuk dikuasai supaya dapat bermain bola voli bersama dengan baik.

Anda mungkin juga suka...