Uncategorized

Apakah pengertian dari Sport Science yang Benar dan Ideal Untuk dikenal?

Kini kita sudah berada di era industri 4.0, era di mana kita bisa melaksanakan kegiatan ataupun pekerjaan sehari-hari dengan mudah dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi. Banyak sektor dan komponen yang turut terbantu dengan perkembangan hal yang demikian, salah satunya yakni di bidang olahraga.

Perkembangan pada bidang olahraga mengalami peningkatan di berbagai dunia. Sesungguhnya hal yang demikian bisa terjadi karena mereka sudah berhasil memadukan perkembangan teknologi, aspek fisiologi, psikologi, sampai kinantropometri dengan olahraga. Oleh karena itu, munculah istilah “keren” di dunia olahraga yang bernama Sport Science.

Tetapi sudah banyak orang yang menggunakan istilah sport science, malah jauh sebelum diawalinya era industri 4.0. Di Indonesia sendiri, banyak yang sudah tak asing dengan istilah hal yang demikian. Menurut, beberapa orang masih mengistilahkan hal hal yang demikian dengan kurang ideal.

Definisi Sport Science
Secara harfiah, arti dari sport science joker123 gaming yakni pengetahuan olahraga. Sesungguhnya hal yang demikian kuranglah ideal karena kurang bisa mewakili arti sport science secara menyeluruh.

Untuk memberikan wawasan kalian kepada sport science, berikut yakni berbagai definisi dari sport science.

  1. Kensport
    Menurut salah satu web yang sudah berkecimpung di dunia olahraga, sport science yakni sebuah ilmu yang menggunakan pedoman-pedoman dalam science guna mengoptimalkan prestasi olahraga, bagus tingkat nasional ataupun internasional.

Terdapat 3 bidang ilmu dalam menggunakan pedoman ataupun prinsip guna meningkatkan prestasi olahraga, yakni fisiologi, psikologi dan biomekanika.

Fisiologi memiliki peranan bagi para atlet dalam membiasakan pola latihan bagi tubuh (atau bisa juga memiliki arti format respons tubuh mereka kepada latihan yang dijalani). Dengan demikian, para atlet bisa mengetahui apakah format latihannya sudah cocok atau belum.

Psikologi memiliki peranan guna memberikan motivasi, motivasi dan juga membatasi emosi para atlet karena hal-hal hal yang demikian berdampak kepada perilaku para atlet.

Dan untuk biomekanika memiliki fungsi dalam menganalisis mekanika pergerakan tubuh. Dengan adanya biomekanika, kita bisa mengidentifikasi teknik ataupun metode terbaik para atlet dalam meningkatkan prestasi olahraga. Poin itu, biomekanika bisa mengurangi para atlet mengalami cedera.

  1. Wikipedia
    Menurut Wikipedia, sport science yakni sebuah ilmu yang mempelajari perihal penggunaan prinsip science dan juga teknik-teknik guna meningkatkan prestasi olahraga.

Dalam menggunakan ilmu hal yang demikian, terdapat bidang-bidang yang juga turut terlibat, seperti fisiologi, psikologi, biomekanika, sampai gizi yang diresapi para atlet, sports technology, anthropometry serta kinanthropometry.

  1. Buku Sport Science Handbook: I-Z dari Simon P. R. Jenkins
    Dan yang terakhir diambil dari salah satu buku yang membahas secara khusus mengenai sport science. Sport science yakni suatu kedisiplinan ilmu yang bisa meningkatkan daya kerja atletik para atlet. Sama seperti sebelumnya, sport science melibatkan berbagai disiplin ilmu yang berhubungan, seperti kinanthropometry, biomekanika, fisiologi olahraga, psikologi olahraga dan sosiologi olahraga.

Peran Kinantropometri dalam Sport Science
Seperti yang sudah digambarkan pada berbagai sumber di atas, terdapat beberapa aspek yang mesti diaplikasikan dalam melaksanakan sport science, salah satunya yakni kinantropometri.

Seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya perihal kinantropometri, kinantropometri yakni studi yang mempelajari perihal penilaian yang berdampak pada format, proporsi, komposisi, kematangan dan gizi seseorang untuk memahami karakteristik yang berhubungan dengan gerakan manusia.

Dengan adanya kinantropometri, kita bisa mengetahui tumbuh kembang para atlet karena karakteristik tubuh mereka selalu dipantau. positif yang bisa diambil dengan mengetahui karakteristik tubuh para atlet yakni kita bisa mengoptimalkan format latihan yang mereka butuhkan.

Anda mungkin juga suka...