Uncategorized

6 Peserta Lolos Seleksi Penilai Wasit PSSI, 2 Di Antaranya Mantan Wasit FIFA

PSSI telah mendapatkan https://www.propertylistingsincolumbiasc.com/ penilai wasit baru hasil seleksi pada 15-16 Februari 2024. Proses seleksi ini digelar sejak 14 hingga 18 Februari mendatang.

Sejumlah rangkaian kegiatan seleksi sudah selesai pada Jumat, 16 Februari 2024. Masih ada kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan oleh para wasit yang mengikuti kursus maupun seleksi hingga Minggu, 18 Februari 2024.

Ada 20 peserta yang mengikuti proses seleksi dan kursus kali ini. Hasilnya, empat wasit dan dua asisten wasit berhasil lolos untuk menjadi penilai wasit yang baru. Dua di antaranya adalah mantan wasit FIFA seperti Oky Dwi Putra Senjaya (Jawa Barat) dan Fariq Hitaba (D.I. Yogyakarta). Sebelumnya, kedua wasit senior itu tidak lolos dalam seleksi untuk wasit yang memimpin Liga 1 2023-2024.

Kegiatan seleksi dan kursus ini dipimpin oleh instruktur wasit FIFA, Mohamad Rodzali yang secara khusus diundang oleh PSSI memberikan materi. Ia menjadi instruktur bersama Jimmy Napitupulu, Purwanto, dan Agus Haryono.

Tes penerimaan calon penilai wasit ini terbagi menjadi dua tes yaitu teknologi informasi dan Laws of the Game. “Alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu lagi langsung dari instruktur wasit FIFA. Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi saya pribadi, untuk langkah karier saya berikutnya,” kata Oky Dwi Putra Senjaya, seperti dikutip laman resmi PSSI.

“Semoga saya bisa menyerap banyak ilmunya dan mempergunakannya kelak apabila tidak lagi bertugas sebagai wasit, melainkan tugas baru sebagai penilai wasit,” ujar dia menambahkan.

Selanjutnya, keenam orang ini akan terus mengikuti kegiatan hingga 17 Februari 2024. Mereka juga nantinya akan bergabung dengan wasit dan asisten wasit lainnya pada 22-25 Februari 2024.

Kegiatan akhir untuk implementasi sistem akan digelar pada 26-29 Februari 2024. Kegiatan itu dibagi menjadi dua gelombang, pada tanggal 22-25 Februari dan pada tanggal 26-29 Februari 2024, agar lebih efektif. PSSI akan menggunakan teknologi informasi yang juga digunakan di Liga Primer Inggris.

Daftar Wasit dan Asisten Wasit yang Lulus Seleksi dan Kursus Penilai Wasit PSSI:

1. Muhammad Khisfan (Wasit) – Bengkulu
2. Fariq Hitaba (Wasit) – D.I Yogyakarta
3. Maslah Ihsan (Asisten Wasit) – Sumatera Utara
4. Juhandri Setiana (Wasit) – DKI Jakarta
5. Oky Dwi Putra Senjaya (Wasit) – Jawa Barat
6. Aries Papuling (Asisten Wasit) – Maluku Utara

Anda mungkin juga suka...